Judgemental

Sepertinya udah menjadi kebiasaan buat seorang ibu-ibu yang mungkin usianya sudah menginjak kepala lima untuk mengemis meminta belas kasih orang-orang agar memberinya sedikit uang untuk hidupnya.
Bajunya tampak lusuh dan kotor. Selalu. Dengan kerudung hitam, baju panjang berwarna sama, dan gendongan kain batik yang dialihfungsikan sebagai tas kecil diselendangkan dipundaknya.
Menghabiskan waktu hidupnya di sebuah persimpangan jalan raya. Siang dan malam, meminta dari satu kendaraan ke kendaraan lain. Memelas berharap mendapatkan belas kasihan.
Saya yang hatinya terenyuh, kemudian mengulurkan tangan, memberinya sisa uang jajan.

***

Band metal seolah sudah melekat dengan image seorang remaja berambut gondrong ini. Dia teman saya, Rama namanya. Bajunya banyak didominasi dengan warna hitam gelap.
Seorang vokalis plus gitaris sebuah band beraliran metal, juga seorang bomber yang hobi melukiskan graffiti sebagai pengekspresian diri.
Saya akui, gambaran sosoknya membuat saya cukup segan berbicara dengannya saat pertama bertemu.

***

Hari sudah mulai gelap, padatnya lalu lintas mulai berkurang. Di depan pagar sebuah pom bensin yang tidak lagi beroperasi, Ibu berkerudung hitam itu beristirahat bersama beberapa pengamen dan pengemis anak-anak.
Dari tas kain gendongannya ia keluarkan sebungkus rokok, lalu ia nyalakan satu batang. Menghisapnya sembari berbincang dengan beberapa pengamen dan pengemis lain disitu.
Teman saya bilang, sudah lama Ibu itu meminta-minta di persimpangan jalan itu. Cukup lama, sejak teman saya masih Sekolah Dasar.

Di kampus, band metal, berkarya seni dan kegiatan yang lain, tidak bisa mengalahkan pentingnya ibadah untuk Rama. Tidak pernah menyangka bahkan saya sendiri kalah rajin beribadah dibanding dia.
Saya kagum, sekaligus pada akhirnya malu pada diri sendiri.

***

Sulit rasanya menampik pernyataan “Penilaian terhadap seseorang bisa dimulai dengan penampilan” meski selalu orang-orang bilang “Don’t judge a book by its cover“.
Siapa sangka seorang ibu pengemis yang tampak innocent dan butuh bantuan, membagi uang pemberian orang yang tidak seberapa untuk dibelikan rokok selain untuk memenuhi kebutuhan keluarganya (mungkin?).
Atau saya tidak pernah mengira seorang anggota band metal yang rajin shalat membuat saya kagum sekaligus malu.
There’s nothing wrong with them.
But there’s something wrong with us to be judgemental.

Leave a Reply

