SOPA dan PIPA yang Mengkhawatirkan

SOPA atau Stop Online Piracy Act dan PIPA atau Protect IP Act merupakan Rancangan Undang-undang Amerika untuk hak cipta dan hak menindak langsung bagi individu pelanggar maupun situs yang diduga mengandung pelanggaran hak cipta.


Sebagai seseorang yang hampir menghabiskan kurang lebih 5 jam sehari berinternet, saya benar-benar panik dan khawatir. Jelas, karena dampak-dampak yang akan terjadi. Parah banget kan kalo nanti kalau RUU ini disahkan bakalan banyak web yang berpotensi di blokir karena diduga mengandung konten pelanggaran hak cipta.

Youtube yang berisi video penyanyi lipsync, blog yang berisi gambar, musik dan konten bisa dianggap piracy kalo nggak ada izinnya. Dampaknya, youtube, wordpress, wikipedia, twitter dan semua web yang biasa kita akses bisa-bisa di blokir.

Keputusan ini emang punya 2 sisi yang kontradiksi antara perlindungan terhadap hak cipta sebuah karya dan pembatasan informasi yang masuk.

Sekali lagi saya benar-benar khawatir kalau nanti saya nggak bisa lagi buat video yang pakai footage atau soundtrack kalo nggak pake izin. Atau saya nggak bisa blogging dengan bebas kalo mau mengacu sama satu referensi. Bahkan sharing file dalam situs seperti rapidshare dan semacamnya pun bisa masuk kedalam salah satu kasus SOPA.

Sejauh ini, megaupload udah menjadi korban pemblokiran. Apa kalian bakal membiarkan situs-situs lain diblokir satu persatu? Membiarkan referensi tugas sekolah, pekerjaan, dan hiburan kalian di hilangkan? Nah dari itu, saya pengen ngajak supaya kita gak cuma jadi pengguna internet yang pasif dan gak peduli sama isu ini, padahal setiap hari pegang handphone buat buka twitter, facebook, googling dan lain-lain. Cara yang bisa kita lakukan, minimal adalah mendukung dan ikut menyumbang suara dalam situs-situs petisi seperti ini: http://fightforthefuture.org/pipa/ atau ini http://americancensorship.org/ ingat Indonesia adalah negara pengguna internet terbesar ke-4, jadi satu suara dari setiap orang sangat berpengaruh!

Advertisements

3 thoughts on “SOPA dan PIPA yang Mengkhawatirkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s