Untuk yang Ke-66 Tahun

Tepat kemarin saya mengikuti kelas Kewarganegaraan. Dosen saya meminta mahasiswanya untuk membuat kelompok diskusi dan menyusun sebuah makalah. Kelompok saya mendapat topik “Bela Negara”. Untuk pendahuluan, saya menulis paragraf ini;

Pada kenyataanya, kemerdekaan yang selama ini kita elu-elukan bukan menjadi pendorong bangsa untuk lebih maju. Melainkan hanya ‘pengalih perhatian’ untuk kita mengabaikan ‘penjajah-penjajah modern’ di era selanjutnya. Alih-alih merdeka, kita justru terseret dalam derasnya arus modernisasi. Globalisasi.

Ya, genap 66 tahun Indonesia mengusung kemerdekaannya. Banyak juga masalah-masalah fundamental yang tumbuh seiring era modern ini. Harapan sebagai anak bangsa, tentu bisa melihat Indonesia berkembang, sejahtera dan tentu menjadikan kemerdekaan bukan hanya sebuah ‘pengalih-perhatian’ tetapi menjadi cambuk bagi kita untuk mewujudkan harapan tersebut.

Karena Presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy pernah mengatakan sebuah kalimat, “Don’t ask what your country can do for you, ask what can you do for your country!“. Jadi, tidak pernah ada alasan untuk tidak mau tahu atau tidak mau bertindak untuk membangun Indonesia yang lebih baik kan?

Untuk Indonesiaku.

*Image from here.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s